Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas dan Fungsi Kecamatan sebagaimana diatur dalam  Peraturan Bupati Pekalongan Nomor 48 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tatat Kerja Kecamatan dan Kelurahan. Susunan Organisasi Kecamatan Lebakbarang terdiri atas :

  • Camat
  • Sekretariat, terdiri dari :(a). Subbagian Administrasi, Kepegawaian dan Rumah Tangga ( b.) Subbagian Perencanaan dan Keuangan
  • Seksi Tata Pemerintahan dan Pelayanan Umum
  • Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum
  • Seksi Kesejahteraan Rakyat
  • Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
  • Kelompok Jabatan Fungsional

Adapun Bagan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Kecamatan di Kabupaten Pekalongan sebagai berikut :

Menunjuk pada pengaturan oranisasi dan tata kerja Kecamatan Lebakbarang yang berdasarrkan kepada Peraturan Bupati Nomor 48 Tahun 2016 maka kedudukan, tugas pokok dan fungsi kecamatan adalah:

Kedudukan Kecamatan :

Kecamatan merupakan perangkat daerah yang dibentuk dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan.

  • Kecamatan dipimpin oleh seorang Camat yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. adapun tugas pokok dan fungsi camat dalam menyelenggarakan tugas umum pemerintahan, meliputi :
  1. Menyelenggarakan urusa pemerintahan umum
  2. Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat
  3. Mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum
  4. Mengoordinasikan penerapan dan penegakan Perda dan Peraturan Bupati
  5. Mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum
  6. Mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di tingkat Kecamatan
  7. Membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan Desa dan/ atau Kelurahan
  8. Melaksanakan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten yang ada di Kecamatan
  9. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh peraturan perundang-undangan

Selain tugas sebagaimana dimaksud diatas, Camat melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah, yang meliputi aspek :

  1. Perizinan
  2. Rekomendasi
  3. Koordinasi
  4. Pembinaan
  5. Pengawasan
  6. Fasilitasi
  7. Penetapan
  8. Penyelenggaraan
  9. Kewenangan lain yang dilimpahkan

Sedangkan fungsi yang melekat pada masing-masing jabatan sesuai dengan susunan organisasi adalah :

  1. Sekretariat

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Camat/

Sekretariat mempunyai tugas membantu Camat dalam melaksnakan tugas umum pemerintahan, koordinasi penyusunan rencana dan program, pengelolaan keuangan, administrasi umum, rumah tangga dan kepegawaian.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretariat mempunyai fungsi :

  • Pengelolaan keuangan dan perbendaharaan
  • Pengelolaan surat-menyurat, ekspedisi, arsip, perlengkapan rumah tangga. Perjalanan dinas dan ketatalaksanaan
  • Pengelolaan administrasi kepada seluruh perangkat/aparatur kecamatan
  • Pelaksanaan koordinasi, penyusunan rencana program serta evaluasi dan pelaporan
  • Pelaksanaan tugas-tugasĀ  lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya
  • Sub Bagian Administrasi Kepegawaian dan Rumah Tangga

Sub Bagian Administrasi Kepegawaian dan Rumah Tangga dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Sub Bagian Administrasi Kepegawaian dan Rumah Tangga mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan keuangan, administrasi umum, rumah tangga dan kepegawaian.

  • Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana dan program kerja, evaluasi dan pelaporan.

  • Seksi Tata Pemerintahan dan Pelayanan Umum

Seksi Tata Pemerintahan dan Pelayanan Umum dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Camat melalui Sekretaris.

Seksi Tata Pemerintahan dan Pelayanan Umum mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan pengawasan, penyelenggaraan pemerintahan umum dan desa/kelurahan, administrasi kependudukan, pertanahan, pelayanan administrasi uum kepada masyarakat baik perijinan dan non perijinan sesuai peraturan.

  • Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris.

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan pengawasan, penyelenggaraan ketertiban umum wilayah, penerapan dan penegakan Peraturan Daerah serta perlindungan masyarakat.

  • Seksi Kesejahteraan Rakyat

Seksi Kesejahteraan Rakyat dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris

Seksi Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan penyelenggaraan pelayanan bantuan sosial, organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, keagamaan, pendidikan, keluarga berencana dan kesehatan masyarakat serta pelayanan terhadap korban bencana.

  • Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris.

Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan pengawasan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan, fasilitas umum, lingkungan hidup dan perekonomian serta mendorong partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan.

Close
Close